Berita UMKM

SEMARAK FESTIVAL RUJAK SOTO DAN BANYUWANGI ART WEEK

Dalam rangka Banyuwangi Festival 2014, Festival Rujak Soto menjadi salah satu potensi kuliner yang diangkat pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi yang telah di gelar di depan Wisma Blambangan Sabtu (20/09/2014) mulai pukul 10.00 WIB. Pada Festival ini, di ikuti oleh 191 peserta yang berasal dari seluruh Komponen Instansi Pemerintah Banyuwangi, Organisasi Wanita, PKK, Koperasi, Perbankan, Warung, Umum, Hotel dan Rumah Makan berlomba-lomba menjajakan makanan khas rujak soto.

Peserta berderet-deret mengulek / mengolah rujak secara masal bersama Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas beserta Ibu dan Forum Pimpinan Daerah dalam balutan celemek dapur yang menawan, serta Chef Priscilya Princessa hadir di tengah-tengah peserta sebagai juri dan melakukan demo masak di depan ratusan peserta dengan menu Rujak Soto.

Tidak hanya memuaskan dengan kuliner lewat Festival Rujak Soto, masyarakat Banyuwangi juga bisa mengunjungi pameran Banyuwangi Art Week di hari yang sama dengan lokasi yang berdekatan (Depan Gesibu Blambangan), mulai kamis (18/09/2014) sampai dengan Sabtu (27/09/2014) yang menampilkan produk-produk kerajinan khas Banyuwangi.

Banyuwangi Art Week merupakan event pameran produk kerajinan dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Diantaranya, Batik, Handycraft, Souvenir, Assesoris, Kaos, anyaman bambu, olahan pangan dan juga Jajanan Khas Banyuwangi seperti sego gepuk remuk, sayur lompong Osing, Soto dan Bakso Osing, tahu petis gandrung, pecel rawon, sego tempong, rujak bakso,kare kepala ikan dan kopi osing.

Pameran ini memiliki keunikan tersendiri, selain itu pengunjung disuguhi dengan pertunjukan seni dan budaya, ada pula dua lelaki yang berdandan ala patung batu yang dilumuri tubuhnya dengan cat warna perunggu berdiri mematung dan bersedia dijadikan objek foto oleh pengunjung.

Kegiatan ini diharapkan kuliner khas Banyuwangi (Rujak Soto) dan Banyuwangi Art Week dapat lebih dipromosikan dan meningkatkan pemasaran kepada masyarakat lokal, nasional maupun international. Di samping juga lebih membudayakan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di kabupaten Banyuwangi dapat meningkatkan pendapatan.

 

Alur Pelayanan