Berita UMKM

SOSIALISASI IZIN USAHA MIKRO DAN KECIL (IUMK) OLEH DINAS KOPERASI DAN UMKM BANYUWANGI KEPADA BUSINESS DEVELOPMENT SERVICE (BDS)

Para Pelaku Usaha Mikro dan Usaha Kecil di Banyuwangi agar bersiap-siap mendapatkan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) sebagai tindak lanjut  Peraturan Presiden RI No. 98 Tahun 2014 Tentang Perizinan Untuk Usaha Mikro dan Kecil, Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2014 Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil. Peraturan dimaksud menjadi pedoman bagi Pemerintah untuk memberikan Izin Usaha bagi Usaha Mikro dan Usaha Kecil (IUMK) bagi Pelaku Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PUMK). Sebagaimana Surat Edaran Kementerian Koperasi dan UKM Nomor 15/M.KUKM/I/2015 tanggal 22 Januari 2015 perihal Pendampingan Usaha Mikro Kecil dalam pemberian Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Kecamatan/Kelurahan diharapkn Kepala SKPD agar melibatkan Para Pendamping UMK dalam mengoptimalkan peran Pendamping guna mempercepat proses penerbitan IUMK bagi Pelaku Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PUMK).

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Koperasi dan UMKM telah melaksanakan sosialisasi kepada Calon Pendamping UMK (Busines Development Services (BDS) Wilayah Banyuwangi) untuk membantu PUMK dalam melengkapi dan memverifikasi berkas dokumen yang dibutuhkan serta memberikan bimbingan pasca perolehan IUMK seperti meningktkan kelembagaan, SDM, dan manajemen, perluasan jaringan pemasaran, serta pemanfaatan Teknologi Informasi.

Alur Pelayanan